Cara Membuat Google Bisnisku (Google My Business) Gratis di 2022

Google My Business Google adalah situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Situs ini saat ini memegang lebih dari 92% pangsa pasar mesin pencari. Membuat Profil Bisnis Google (sebelumnya dikenal sebagai Google Bisnisku) adalah cara penting untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Anda melalui penelusuran Google dan Maps.

Saat membuat akun Google Bisnisku, Anda perlu mengoptimalkannya dengan benar, akun tersebut menampilkan fitur terbaik Anda dan memudahkan konsumen untuk menemukan, mempelajari, dan menghubungi bisnis Anda. Namun untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Anda dengan benar, Anda memerlukan akses ke profil tersebut, dan untuk mengaksesnya, Anda perlu memverifikasi dengan Google bahwa Anda adalah pemilik yang sah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Profil Bisnis Google Anda (Google Bisnisku), Anda perlu mengoptimalkannya. Posting ini adalah tentang beberapa cara cepat dan mudah untuk melakukannya. Namun sebelum menuju kesana alangkah baiknya jika kita mengetahui Apa itu Profil Bisnis Google. Untuk itu simak ulasan berikut ini sampai selesai agar Anda paham Cara Membuat & Verifikasi Akun Google Bisnisku.

Apa itu Profil Bisnis Google (Google My Business)?

Profil Bisnis Google adalah cantuman bisnis gratis dari Google. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan detail dan foto bisnis Anda, termasuk lokasi, layanan, dan produk Anda.

Membuat profil gratis ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas Anda di seluruh layanan Google. Informasi dari Profil Bisnis Google Anda dapat muncul di Google Penelusuran, Google Maps, dan Google Belanja.

Profil Bisnis Google hanya tersedia untuk bisnis yang memiliki kontak pelanggan. Ini termasuk bisnis dengan lokasi fisik (seperti restoran atau toko) dan bisnis yang menyediakan layanan dengan bertemu dengan klien di lokasi lain (seperti konsultan atau tukang ledeng).

Jika Anda memiliki bisnis online saja, Anda harus tetap menggunakan alat Google lainnya seperti Google Ads dan Google Analytics.

Mengapa Anda perlu membuat akun Google Bisnisku?

Bila Anda seorang andalan lokal atau baru memulai bisnis, Profil Bisnis Google Anda memudahkan konsumen untuk menemukan, mempelajari, dan menghubungi bisnis Anda secara online. Ini adalah manfaat inti dari akun Google Bisnisku, dan jika itu tidak cukup untuk meyakinkan Anda, pertimbangkan kerugian dari tidak memilikinya.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu membuat akun Google Bisnisku: Lihat Disini: https://pjjaptikom.id/

1. Ditemukan di Google (Google Maps)

Baik Anda mencari lalu lintas pejalan kaki atau lalu lintas web, Google adalah perujuk pencarian utama. Profil Bisnis Google membantu memastikan bahwa orang-orang menemukan bisnis Anda saat mereka menelusuri produk dan layanan seperti milik Anda di area lokal mereka.

Cantuman Google Bisnisku menunjukkan kepada pencari tempat dan cara mengunjungi bisnis Anda. Profil Bisnis Google juga meningkatkan SEO lokal Anda. Secara khusus, cantuman untuk bisnis lokal lebih mungkin muncul saat orang menelusuri bisnis terdekat menggunakan Google Maps.

2. Kontrol informasi bisnis online Anda

Profil Google Bisnisku memungkinkan Anda mengontrol dan memperbarui informasi kontak, jam buka, dan detail penting lainnya sesuai kebutuhan.

Anda dapat memposting pembaruan untuk membagikan bahwa Anda telah memperluas layanan, ditutup sementara, atau dibuka kembali sepenuhnya (fitur yang sangat berguna selama keadaan darurat seperti COVID-19). Profil Bisnis Google memiliki SEO lokal yang kuat, sehingga informasi yang Anda bagikan akan berperingkat di atas situs pihak ketiga yang mungkin memiliki detail kedaluwarsa.

3. Bangun kepercayaan melalui ulasan

Ulasan adalah elemen kunci dari bukti sosial, dan cara yang berarti untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas.

Gabungan peringkat bintang Google dan ruang untuk ulasan mendetail memungkinkan pelanggan untuk berbagi sebanyak atau sesedikit informasi tentang pengalaman mereka dengan bisnis Anda sesuka mereka. Semua ini membantu calon pelanggan masa depan memutuskan bisnis mana yang akan dikunjungi dan produk mana yang akan dibeli.

Mungkin menakutkan untuk memikirkan ulasan yang masuk di platform publik seperti itu, terutama karena Anda tidak dapat memilih ulasan Google Bisnisku mana yang akan dibagikan. (Meskipun Anda dapat menanggapi semua ulasan, seperti yang akan kami jelaskan nanti.)

Tapi jangan panik: Google menemukan bahwa kombinasi ulasan positif dan negatif lebih dapat dipercaya daripada halaman demi halaman rekomendasi yang bersinar.

Apa kerugian tidak memiliki Akun Google Bisnisku?

Ada beberapa kerugian jika Anda tidak memiliki akun Google Bisnisku. Berikut beberapa kerugian jika Anda tidak memiliki akun Google Bisnisku.

1. Anda berisiko kehilangan pelanggan

Tanpa akun Google Bisnisku, Anda tidak memiliki kendali atas informasi yang ditampilkan di Profil Bisnis Anda, dan menurut studi BrightLocal, 70% konsumen akan berhenti menggunakan bisnis lokal setelah menemukan informasi yang salah secara online.

2. Anda mengambil risiko reputasi yang buruk

Tanpa akun Google Bisnisku, Anda tidak akan dapat menanggapi ulasan Google Anda, yang merupakan bagian wajib dari Profil Bisnis Anda. Dan dengan ulasan menjadi faktor peringkat Google dan pengaruh nomor satu pada pembelian konsumen, kemampuan untuk mengelolanya adalah suatu keharusan.

3. Anda kalah dari pesaing

Profil Bisnis yang kosong atau sederhana mirip dengan memiliki etalase yang tidak terawat. Jika Anda tidak mengurus bisnis Anda, bagaimana konsumen bisa percaya bahwa Anda akan mengurus mereka? Mereka lebih cenderung mengeklik dan terlibat dengan Profil Bisnis di hasil penelusuran yang memiliki banyak informasi menarik dan hidup.

4. Anda kehilangan real estat SERP

Google memberi peringkat Profil Bisnis menurut kualitasnya, dan Profil Bisnis saja tidak cukup. Namun, Profil Bisnis Google yang dikelola melalui akun Google Bisnis dapat dioptimalkan untuk mendapatkan peringkat di atas pesaing untuk pencarian kata kunci yang relevan.

Saya harap pada titik ini Anda telah memahami apa itu profil bisnis Google (Google My Business), mengapa Anda harus membuat akun Google Bisnisku, dan kerugian tidak memiliki akun Google Bisnisku. Sekarang mari kita pahami cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku Agar Bisnis Dikenal Banyak Orang.

Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

Berikut ini Cara Membuat dan Memverifikasi Akun Google Bisnisku dan membuat Tampilan bisnis Anda di Google :

1. Pertama Buka Situs Google Bisnisku

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka browser di laptop atau PC Anda lalu buka situs resmi Google Bisnisku dari URL berikut.

Sekarang di sudut kanan atas klik Login dan masuk menggunakan akun Google Anda. Setelah login Cari dan Kelola Bisnis Anda Masukkan nama bisnis Anda.

2. Mulai Membuat Profil Bisnis

Profil Bisnis akan membantu bisnis Anda menjadi mudah ditemukan oleh pelanggan di Google Penelusuran dan Maps. Sekarang isikan Nama bisnis dan Kategori bisnis Anda. Setelah itu klik tombol Berikutnya.

Setelah itu akan muncul keterangan Apakah Anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti toko atau kantor? Lokasi ini akan ditampilkan di Google Maps dan Penelusuran saat pelanggan mencari bisnis Anda.

Anda dapat memilih Ya sehingga pelanggan Anda akan tahu di mana lokasi bisnis Anda. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan pelanggan Anda tentang bisnis yang Anda kelola.

3. Masukkan Alamat Lengkap Bisnis Anda

Pada halaman selanjutnya Anda diminta untuk mengisi detail alamat bisnis Anda.

Dimulai dari:

  • Negara
  • Alamat
  • Kota
  • Provinsi
  • Kode pos

Setelah semua terisi, klik tombol Berikutnya.

Setelah itu akan muncul keterangan Apa Anda menyediakan pengantaran atau kunjungan ke rumah dan kantor? Misalnya, jika menyediakan layanan datang ke rumah atau pengantaran ke pelanggan, Anda dapat memberi tahu pelanggan lokasi yang termasuk area layanan bisnis Anda.

Disini Anda dapat memilih Ya sehingga pelanggan tahu dimana lokasi yang termasuk area layanan bisnis Anda.

4. Tambahkan area layanan (opsional)

Pada sesi ini Anda diminta untuk menambahkan area tempat bisnis Anda menyediakan pengiriman atau kunjungan ke rumah dan kantor. Ini akan muncul di Profil Bisnis Anda. Kemudian Telusuri dan pilih area sesuai yang ingin ditargetkan. Anda dapat mengubah dan menambahkan lebih banyak pilihan nanti. Setelah selesai, klik tombol Berikutnya.

5. Tambahkan Info Kontak

Sekarang Anda bisa Tambahkan nomor telepon, situs, atau keduanya pada Google Profil Bisnis Anda. Setelah itu klik Tombol Berikutnya.

6. Pilih cara verifikasi

Agar dapat sepenuhnya mengelola dan mewakili bisnis ini di Google, Anda harus mengonfirmasi bahwa bisnis ini milik Anda. Pilih metode untuk mendapatkan kode verifikasi.

Ada 3 metode untuk memverifikasi akun sebagai berikut:

  • Telepon
  • SMS
  • Email

Di sini saya sarankan memilih SMS. Karena terkadang jika kita memilih jalur Telepon dan Email, prosesnya memakan waktu lama.

7. Masukkan Kode

Setelah proses verifikasi dan memilih jalur SMS sekarang Anda diharuskan memasukkan kode. Dalam beberapa saat, Anda akan menerima SMS di nomor yang Anda daftarkan. Setelah Anda menerima pesan SMS, masukkan 6 digit kode verifikasi dari SMS. Dan klik tombol Verifikasi.

Kode Anda diterima

Anda sedang diverifikasi oleh Google. Hal ini mungkin memerlukan beberapa menit.

Anda tetap dapat mengedit Profil Bisnis Anda di Google Penelusuran dan Maps. Hanya akun resmi yang dapat mengedit Profil Bisnis ini di Google. Setelah itu klik tombol Berikutnya.

8. Tambahkan layanan Anda

Pilih layanan yang ditawarkan bisnis Anda dan dapatkan pelanggan yang tepat. Sesuaikan dengan nama bisnis yang Anda buat sebelumnya. Setelah semuanya sudah oke klik tombol Berikutnya.

9. Tambahkan jam kerja

Beri tahu pelanggan jam buka bisnis Anda dimulai dari:

  • Senin
  • Selasa
  • Rabu
  • Kamis
  • Jumat
  • Sabtu
  • Minggu

Sesuaikan jam kerja Anda dari hari senin – minggu dengan cara mengklik mode hari disana. Setelah semua selesai Anda atur klik tombol Berikutnya.

10. Tambahkan fitur pesan

Pelanggan dapat mengirimkan pesan ke bisnis Anda di Google secara gratis.

Sampai disini Anda bisa klik saja tombol Berikutnya.

11. Tambahkan deskripsi bisnis

Bantu pelanggan mempelajari bisnis Anda lebih lanjut dengan menambahkan deskripsi ke Profil Bisnis di Penelusuran, Maps, dan layanan Google lain.

Sekarang Anda bisa mengisi deskripsi pada kotak yang sudah disediakan disana. Setelah itu klik tombol Berikutnya.

12. Tambahkan foto bisnis Anda

Tampilkan produk, layanan, dan bagian dalam tempat bisnis Anda kepada pelanggan. Ini bertujuan untuk pengguna mengetahui detail tempat atau foto yang mencakup profil bisnis Anda nantinya. Setelah menambahkan foto bisnis klik tombol Berikutnya.

Lebih menonjol di antara pesaing

Mulai iklankan bisnis Anda dengan Google Ads. Sampai disini kalian bisa beriklan dengan mengklik tombol Beriklan dengan Google atau jika tidak klik tombol Lewati.

Hasil edit Anda akan terlihat setelah Anda terverifikasi

Anda dapat terus memperbarui profil kapan saja. Hasil edit akan terlihat oleh pelanggan lain di Google setelah Anda terverifikasi.

Hasil Tampilan Google Bisnisku (Google My Business)

Berikut ini hasil tampilan dari membuat dan memverifikasi akun Google Bisnisku. Klik tombol Google My Business dibawah ini.

Jika Anda masih belum mengerti akan seperti apa hasil pembuatan akun Google Bisnisku, Anda bisa melihat halaman Google Bisnisku ini di sisi kanan hasil pencarian. Jika Anda mendapatkan hasil yang tidak muncul di mesin telusur, artinya ada yang salah dengan pembuatan dan verifikasi akun Google Bisnisku. Jika Anda masih bingung, Anda dapat melihat hasilnya dari gambar di bawah ini.

Itulah tampilan hasil pembuatan akun Google Bisnisku yang sangat elegan dan sangat bermanfaat. Jika Anda masih gagal membuat akun Google Bisnisku, Anda bisa melihat postingan ini. Dan jika Anda memiliki sesuatu untuk ditanyakan, Anda dapat mengirim pesan di kolom komentar.

Kesimpulan

Pastikan untuk mengedit profil bisnis Anda jika Anda mengubah jam operasional, informasi kontak, dll. Tidak ada yang lebih mengganggu pelanggan daripada muncul selama jam kerja hanya untuk mengetahui bahwa Anda sudah tutup. Jika Anda memiliki jam khusus untuk liburan atau bahkan hanya sekali, pastikan jam tersebut terlihat di Profil Bisnis Google Anda.