Siapkan Polres, Polsek, dan Brimob, Polri Mulai Berkantor di IKN

Kepala Bagian Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Polri secara bertahap bersiap membuka kantor di ibu kota negara kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, mulai 2024.

“Tahun depan (2023) kita harus bersiap karena kita berharap Polri secara bertahap sudah berkantor di IKN pada 2024,” kata Dedi, Antara melaporkan.

Artikel “Siapkan Polres, Polsek, dan Brimob, Polri Mulai Berkantor di IKN” ditulis dengan kerjasama bersama media-n.id

Dedi menjelaskan, persiapannya sudah dimulai tahun ini, sehingga segala sesuatu yang diperlukan untuk kepindahan itu sudah diusulkan. Termasuk pembentukan polisi sektor (polsek) dan polisi spa (polres) di IKN.

“Ya sedang diusulkan konsep pendirian pos polisi khusus IKN,” kata Dedi.

Selain Polsek dan Polres, IKN diperkuat oleh Korps Brimob yang pembinaan dan penguatannya dikukuhkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Selanjutnya Korps Brimob IKN dipimpin oleh seorang jenderal bintang satu (Brigjen) untuk memperkuat IKN.

“Salah satu organisasi Brimob bermarkas di IKN. Ini akan dipimpin oleh pejabat senior bintang satu untuk memastikan penguatan IKN benar-benar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah,” kata Dedi.

Sebelumnya, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan Polri akan memperkuat aparat keamanan di IKN. Ditambah lagi dengan dibentuknya Satuan Brigade Mobil (Brimob), satuan khusus kepolisian dengan berbagai tugas.

“Satu batalyon insinyur akan ditempatkan di dekat IKN di Tenggarong untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan,” kata Imam Sugianto.

Menurut Imam, penambahan kewenangan tersebut didasarkan pada kajian mendalam terhadap berbagai aspek terkait pengamanan IKN. Saat ini wilayah IKN masih berada di bawah yurisdiksi atau kewenangan Polsek Semoi dan Sepaku di bawah Polres Penajam Paser Utara.

Dijelaskannya, polisi tepi laut atau polre adalah satuan kerja atau satuan kerja kepolisian yang berada di bawah yurisdiksi suatu kota atau kabupaten. Panglima itu berpangkat Wakil Komisaris Besar Polisi (AKBP). Bila jumlah penduduk kabupaten atau kota mencapai 1 juta orang atau lebih, jabatan Kapolres dilimpahkan kepada Komisaris Polisi (kombes).

Selain polisi, tim TNI beranggotakan 12 orang dari Kodam VI Mulawarman saat ini aktif berpatroli di kawasan IKN. Jumlah personel tersebut, kata Mayjen Teguh Rumekso dari Pangdam VI Mulawarman, bisa ditambah menjadi satu peleton jika diperlukan.